Saturday, February 11, 2012

4 Hal yang Membawa Kemajuan Orang Pada Umumnya

Setiap orang ingin sukses dalam setiap aspek kehidupannya, baik di bidang pendidikan, kehidupan sosial, dan pekerjaan kita. Contoh dalam bidang pendidikan, murid-murid ingin mendapatkan nilai yang baik atau memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Di bidang sosial kita ingin menjadi pemimpin masyarakat yang dikenal dan disegani. Kemudian di pekerjaan kita ingin mengembangkan kemampuan kita sehingga menempati posisi teratas di kantor kita.
Dalam mencapai tujuan hidup sering kali kita mengalami kemajuan dan kemunduran. Kemunduran bagi kebanyakan orang menyebabkan hilangnya semangat dan fokus hidup kita. Sedangkan kemajuan seringkali memacu semangat kita untuk lebih giat mencapai tujuan hidup kita. Dari sekian banyak hal yang perlu kita perhatikan, ada 4 hal yang akan membawa kemajuan dalam hidup Anda, yaitu:
  • Tempat tinggal jika kita ingin maju maka kita harus tinggal di dalam rumah yang memiliki lingkungan yang mendukung fokus Anda. contoh untuk pelajar maka jogjakarta merupakan sebuah contoh yang baik. Di sana kita bisa mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan untuk belajar dengan tenang dan baik. Maka tak heran kalo jogja disebut sebagai kota pelajar karena lingkungannya mendukung.
    Contoh lain adalah membuka toko di kawasan bisnis akan mempercepat kemajuan bisnis Anda di banding Anda membuka toko di perumahan atau di daerah yang tidak memiliki pasar untuk produk dan jasa Anda.
  • Memiliki teman yang baik Tak dapat dipungkiri memiliki teman yang sesuai dengan fokus hidup Anda akan mempercepat kemajuan Anda. Jika Anda ingin pintar maka bergaulah dengan orang-orang pintar. Saya jadi ingat dengan salah seorang teman saya ketika kuliah di Jogja. Ia termasuk pelajar di bawah rata-rata, namun berkat strateginya dengan bergaul dengan teman-teman yang pintar ia berhasil mendapatkan gelar Master di UGM dan saat ini sedang menempuh kuliah untuk gelar S3 nya.
    Contoh lain adalah jika Anda ingin sukses menjadi pengusaha maka bergaulah dengan pengusaha yang sudah sukses atau setidaknya memiliki minat yang sama dengan Anda. Seperti yang diceritakan oleh Robert T Kiyosaki bahwa dia suka bergaul dengan Donald Trump karena memiliki visi yang sama di bisnis. Hal ini memudahkan dirinya ketika ia ingin mendapatkan nasehat tentang suatu masalah atau peluang bisnis baru.
    Teman yang baik akan selalu mendukung Anda walaupun di saat kesusahaan, mereka tidak akan lari malah akan membantu Anda memecahkan masalah Anda. Namun catatan jika hidup Anda hanya dihabiskan bergaul dengan pengangguran yang kerjanya hanya ngerumpi sambil mabuk-mabukkan maka kemunduran yang akan Anda temui. Tak heran kalo anak yang dahulunya kalem dan baik di mata orang tuanya menjadi pemabuk atau pecandu hanya karena salah dalam bergaul. Ingat nasehat kuno jagalah pergaulan Anda.
  • Mengarahkan diri ke arah yang benar Memiliki tempat tinggal yang baik dan teman yang baik tetapi jika Anda tidak melengkapi diri Anda dengan keterampilan yang dibutuhkan maka kemajuan sulit Anda dapatkan. Jika Anda pelajar maka membaca buku pelajaran maupun mengerjakan latihan adalah baik untuk Anda. Jika Anda pengusaha maka mengetahui ilmu-ilmu ekonomi adalah penting bagi Anda.
    Maka dari itu kembangkan pengetahuan Anda melalui buku, nasehat, maupun seminar. Media internet jika digunakan dengan benar akan memberikan banyak informasi berharga untuk Anda.
  • Melakukan kebaikan Sebagai orang yang beragama maka kita percaya bahwa memiliki timbunan kebajikan akan mempermudah hidup kita. Tuhan akan selalu membantu Hambanya yang berbuat baik. Timbunan kebajikan ini akan berguna disaat Anda kesusahan atau mengalami kemunduran dalam hidup. Menguatkan diri kita untuk semangat lagi.
    Seperti yang dianjurkan oleh pak Andrie Wongso, yaitu “Mei Tien Zuo Yi Jian Hao Shi” yang kira-kira berarti lakukanlah sebuah kebajikan tiap harinya.
Dengan memperhatikan 4 hal yang membawa kemajuan ini maka niscaya Anda akan dipermudah dalam mencapai tujuan hidup Anda.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...