Saturday, February 11, 2012

Tips dan Trik Bisnis: Inilah 7 cara efektif dalam berkomunikasi

Berikut adalah 7 cara efektif dalam berkomunikasi :
  1. Hindari kesan memaksa
    Ketika kita berkomunikasi hindari kalimat : “Kamu harus……” baiknya diganti dengan “Sebaiknya kamu…….” atau ”Maukah kamu……”
  2. Fokus kepada solusi bukan masalah
    Ketika berkomunikasi fokuskan kepada hal yang menjadi solusi bukan masalah. Contoh : Ketika makanan di rumah habis, tidaklah efektif jika kita berkata ”Aduh Lapar banget……” lebih baik kita berkata ”Yuuk, beli makanan di luar……”
  3. Ubah ”kata tidak bisa ” menjadi ”bisa”
    Ketika kita diminta untuk mengadakan pertemuan, lebih baik anda mengatakan ”Kita bisa mengadakan pertemuannya minggu depan” daripada berkata ”Kita tidak bisa ketemuan sampai minggu depan” walaupun dua kalimat dengan arti yang sama tapi estetikanya berbeda.
  4. Ambil tanggung jawab dan jangan menyalahkan
    Hindari kalimat ” Ini bukan salahku” lebih baik ganti dengan kalimat ” Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaikinya”
  5. Katakan apa yang anda inginkan bukan yang tidak anda inginkan
    Jika anda tidak ingin seseorang menyetir ngebut, lebih baik berkata ”Tolong bawa mobilnya hati-hati” daripada anda berkata ”Jangan bawa mobilnya terlalu kencang”
  6. Fokus pada masa depan bukan masa lalu
    Jika ada kesalahan teman anda daripada anda berkata “ Saya sudah bilang sebelumnya…..” lebih baik diganti dengan ” Mulai sekarang, kita………”
  7. Bagikan informasi bukan argumen
    Hindari kalimat, ”Tidak, kamu salah……” lebih baik diganti dengan ”Saya ingin sepeti ini…….”
Selamat mencoba dan rasakan nikmatnya berkomunikasi…

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...